Sabtu, 19 Januari 2013

hard disk 1 TB

Jika dibandingkan hard disk portabel lain, AData DashDrive HV610 sungguh menarik. Tampang luarnya lain dari yang lain. Ia tidak cuma kotak persegi empat, tapi menyerupai sebuah tas jinjing kecil.
u7-424-ADataMaklum ada semacam pegangan berbentuk setengah lingkaran di bagian atas badannya. Ini bukan sembarang pegangan loh. Pegangan itu sesungguhnya adalah kabel USB. Kabel USB tersebut melingkar di atas badan hard disk portabel bercasing putih susu itu berkat tambahan “selimut” biru muda di badannya.
Selimut biru terang tersebut juga boleh dilepas/pasang. Selain untuk menyarangkan kabel USB saat kabel tidak ditancapkan ke port USB, selimut yang oleh AData dijuluki smart cover itu bertujuan memperindah tampilan. Sebenarnya sih, tampilan AData DashDrive HV610 sudah cukup cantik. Namun, aksen selimut biru berbahan plastik itu semakin menegaskan pola jigsaw puzzle yang ada di badannya. Ya, badan AData DashDrive HV610 tidak polos, tetapi bercorak jigsaw puzzle  sehingga menarik perhatian.
O ya, di dasar drive 2,5_ ini kamu akan melihat sebuah lampu indikator. Saat ada data ditransfer, lampu itu akan menyala biru terang. Tak ada apa-apa lagi di badan AData DashDrive HV610, kecuali port USB 3.0. Jangan kuatir, kendati secara default mengusung spesifikasi USB 3.0, hard disk portabel ini tetap berfungsi baik kalau kamu tancapkan di port USB 2.0. Cuma tentu saja, kecepatannya akan mengikuti spesifikasi USB 2.0, yakni maksimal 480Mbps, bukan USB 3.0 yang mampu mencapai 5Gbps.
AData DashDrive HV610 disebutkan berfungsi dengan baik di tiga sistem operasi: Windows (XP/Vista/7), Mac OS X 10.6 atau lebih tinggi, dan Linux kernel 2.6 atau lebih tinggi. Namun, PCplus hanya mencoba AData DashDrive HV610 berkapasitas 1TB yang hadir di PCplus dengan Windows 7. Dalam kemasannya dituliskan, kalau pemilik AData DashDrive HV610 berhak menjajal antivirus Norton Internet Security 2012 versi 60-day trial, juga software HDDtoGo dan OStoGo. Ketiga software itu harus diunduh sendiri dari situs resmi AData. HDDtoGo menyediakan antara lain fitur seperti enkripsi AES dan browsing tanpa jejak, sedangkan OStoGo merupakan utiliti untuk menjadikan drive USB bisa di-boot.
Menilik hasil pengujian yang PCplus lakukan, kinerja AData DashDrive HV610 tak terlalu istimewa sebagai hard disk USB 3.0, namun skorskornya (lihat tabel) sejalan dengan apa yang bisa dicapai oleh hard disk 2,5 — SATA 3Gbps 5400RPM.
Kesimpulannya, jika kamu mementingkan gaya dan tidak ingin Ultrabook atau netbook-mu didampingi hard disk portabel berpenampilan konvensional, AData DashDrive HV610 jelas tak boleh dilewatkan. Ia tampil seksi, ramping, juga ringan dibawa-bawa. Dan yang lebih penting, harganya terjangkau.
(wiek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar